Ditemukan Fosil Dinosaurus Berusia 110 Juta Tahun di Tunisia

Fosil kerangka dinosaurus, yang hampir utuh dan dipercaya hidup pada sekitar 110 juta tahun lalu, ditemukan di Tunisia selatan, kata kantor berita resmi TAP pada Jumat. Fosil tersebut ditemukan sekitar 50 sentimeter di dalam tanah di dekat kota Tataouine, yang terletak 450 kilometer di selatan ibu kota Tunis, oleh regu peneliti dari Dinas Pertambangan Nasional Tunisia dan Universitas Bologna, Italia.

Teknisi Dinas Pertambangan Tunisia mengatakan bahwa dinosaurus itu memiliki panjang 15 meter. Tulang belulang itu dibawa ke dinas pertambangan sebelum dikirim ke Bologna untuk penelitian ilmiah. Selanjutnya, fosil tersebut diperkirakan kembali ke Museum Sejarah Bumi di Tataouine.

Selama tahun 2010, sejumlah fosil berupa jejak kaki besar milik dinosaurus pemakan daging serta pemakan tumbuhan ditemukan di kota gurun Chenini, yang berdekatan Tataouine. Penemuan pertama sejumlah fosil dinosaurus di Tunisia ialah pada 1955 dan pada saat ini, fosil tersebut dipajang di Museum Sejarah Bumi di Tataouine.

republika.co.id