Heboh Perobekan Spanduk Kongres PSSI di Pekanbaru

Demo Berlanjut, Spanduk Dukung Kongres Dirobek

Aksi demonstrasi menjelang Kongres Pemilihan Komite Pemilihan dan Komite Banding kembali berlanjut. Melakukan aksinya sejak pagi hari, demonstran juga merobek dan menurunkan spanduk yang mendukung jalannya kongres.

Aksi demonstasi dilakukan sekitar 30-an masa di depan Hotel The Premier, yang merupakan tempat digelarnya kongres, Sabtu (26/3/2011) malam nanti. Pendemo yang datang menggunakan beragam atribut suporter seperti Persija Jakarta, PSPS Pekan baru dan beberapa yang lain terlihat menggenakan atribut Persebaya.

Sama seperti sehari sebelumnya, demo tersebut menyuarakan tentangan terhadap kepemimpinan Nurdin Halid di PSSI dan menuntut perombakan di tubuh organisasi sepakbola tanah air itu. Pada demonstran mengeluarkan kata-kata kasar yang menghujat Nurdin Halid.

Aksi demonstran tak berhenti sampai di situ. Beberapa dari mereka juga merobek spanduk yang berisi dukungan terhadap digelarnya kongres PSSI. Spanduk-spanduk dukungan tersebut memang banyak terpasang di sekitar Hotel The Premier.

Berdasarkan pantauan detiksport, spanduk yang berada di seberang jalan Hotel Premier pada Sabtu (26/3/2011) ini juga tak lagi terlihat. Padahal kemarin setidaknya ada lebih dari 10 spanduk yang menyuarakan beragam dukungan untuk PSSI dan kongres yang akan digelar malam ini.

"Spanduk-spanduk itu dirobek, tapi setidaknya kita tidak rusuh," ungkap seorang pendemo.

Setelah menggelar demo sejak pagi tadi, beberapa menit lalu seluruh demonstran sudah membubarkan diri. Namun mereka berjanji akan kembali dan terus melakukan demo hingga malam nanti.

* * * * *

Kongres PSSI Tertutup Bagi Pers

Ketertutupan PSSI terhadap pengawasan dari publik kembali diperlihatkan di Kongres Pekanbaru. Wartawan peliput dilarang untuk memasuki ruangan Kongres.

Aturan tersebut merupakan satu dari delapan poin tata tertib untuk wartawan peliput Kongres PSSI 2011 yang berlangsung di Hotel The Premiere, Pekanbaru, Sabtu (26/3/2011).

"Pada saat Kongres berlangsung, wartawan tidak diperkenankan memasuki ruang kongres," demikian seperti tertulis dalam selebaran yang ditujukan pada wartawan tersebut.

"Khusus untuk televisi dan fotografer, diperbolehkan mengambil gambar pada 10 menit awal Kongres yang dimulai pukul 19.30 WIB," lanjut pengumuman di selebaran itu.

Wartawan nantinya bisa mendapatkan informasi hasil Kongres hanya melalui konferensi pers yang akan diselenggarakan usai acara.

Ketentuan ini sama dengan aturan yang berlaku dalam Kongres Tahunan PSSI yang berlangsung di Bali, pertengahan Januari lalu.

detik.com