Mahasiswa Bandung Tewas Terjun dari Jalan Layang Pasteur-Surapati (Pasupati) (dan Kronologi)

Ryo Tanuwijaya (22) tewas terjatuh dari atas Jalan Layang Pasteur-Surapati (Pasupati) setinggi 50 meter, Sabtu (26/3/2011) siang sekitar pukul 13.21 WIB.

Korban jatuh tepat di Gang Bongkaran RT 6 RW 15 Kelurahan Tamansari Kecamatan Bandung Wetan. Peristiwa itu kontan membuat warga sekitar kaget.

"Tadi warga sedang berkumpul di depan warung. Tiba-tiba dikagetkan dengan suara benda yang jatuh dari atas jalan, " ujar Ketua RW setempat, Asep (41), kepada wartawan.

Ternyata, kata Asep, benda yang jatu tersebut merupakan sosok pria. Warga pun langsung berkerumun di lokasi kejadian.

"Saya lihat pria yang jatuh tersebut mengeluarkan darah di di muka, hidung dan kuping. Tidak terlihat seperti gepeng, soalnya pria itu menggunakan Kaos merah garis hitam putih jeans pendek dan sepatu merah serta Rambut rancung pirang," kata dia.

Sementara saksi lainnya, Anwar (41) menuturkan, sebelum kejadian, ia sempat melihat seorang pria yang tengah melihat ke bawah dari Jalan Layang Pasupati. "Tadi ada laki-laki di atas dia bilang, 'kenapa lu loncat," ujar Anwar menirukan perkataan lelaki tersebut.

Kemudian, Anwar pun meminta laki-laki yang berada di atas itu untuk segera turun. Namun, kata Anwar, lelaki tersebut malah nangis. Setelah itu Anwar tidak melihatnya lagi.

Tak lama kemudian, jajaran Posek Bandung Wetan dan Unit Identifikasi Polrestabes Bandung mendatangi lokasi kejadian selang beberapa menit. Dari dompet korban ditemukan Kartu Tanda Penduduk (KTP) atas nama Ryo Tanu Wijaya (22) dengan alamat Setra Dago Blok N Nomor 32 RT 2 RW 14 Desa Sariwangi Kecamatan Parongpong Kabupaten Bandung Barat.

Orang tua korban juga sempat mendatangi lokasi kejadian sekitar satu jam peristiwa itu terjadi. Orang tua korban yang terlihat menggunakan kaos berkerah berwana abu-abu serta celana jeans hitam terlihat histeris. Beberapa kali ayahnya tersebut mencium muka anaknya yang sudah berlumuran darah.

Sekitar pukul 15.10 WIB, ambulans telah datang dan membawa jenazah pria tersebut untuk dibawa ke RS Hasan Sadikin Bandung.

Sebelum Terjun Bebas, Ryo Turun dari Mobil BMW

Sejumlah informasi menyebutkan, Ryo Tanuwijaya (22), pria yang tewas diduga loncat dari Jembatan Layang Pasteur-Surapati (Pasupati) sempat menaiki mobil BMW Silver Nopol D 108 UV.

Saksi mata mengatakan, sebelum kejadian, mereka mendengar teriakan seseorang dari Jembatan Layang Pasupati. Diduga, saat itu Ryo tengah bersama temannya. Sementara suara teriakan tersebut berasal dari teman Ryo.

Mobil serta pria tersebut kini diamankan di kantor Polsek Bandung Wetan. Polisi pun menemukan identitas dari dompet korban yang merupakan warga Setra Dago Blok N Nomor 32 RT 2 RW 14 Desa Sariwangi Kecamatan Parongpong Kabupaten Bandung Barat.

Sementara itu, warga Gang Bongkaran RT 6 RW 15 Kelurahan Tamansari Kecamatan Bandung Wetan sempat menduga pria yang jatuh dari atas Jembatan Layang Pasupati itu karung sampah yang sudah terbiasa dibuang dari atas.

"Saya kira itu kantong sampah. Soalnya sering kejadian dari atas jalan banyak yang membuang sampah," ujar salah seorang warga sekitar, Anwar (41) saat ditemui di lokasi kejadian, Sabtu (26/3/2011).

Saat kejadian, Anwar tengah berada di warung, tidak jauh dari lokasi jatuhnya korban. "Saya sedang berada di warung, kemudian terdengar suara ada yang jatuh," kata dia.

Sejauh ini belum ada keterangan dari kepolisian mengenai motif jatuhnya pria tersebut. Polisi masih menyelidiki kasus ini.

Pantauan di lapangan, usai jenazah dibawa ambulans ke RS Hasan Sadikin, warga yang sebelumnya sempat berkerumun di lokasi kejadian membubarkan diri. Arus lalu lintas di kawasan Cihampelas menuju Jalan Surapati tampak padat oleh kendaraaan.

Inilah Kronologi Sebelum Ryo Terjun dari Pasupati

Gambar Masih Di Duga ...
Polisi menceritakan kronologi kejadian sebelum Ryo Tanuwijaya (22) terjun dari Jembatan Layang (Fly Over) Pasteur-Surapati (Pasupati) Bandung, Sabtu (26/3/2011).

Kapolsektabes Bandung Wetan Kompol Rudi Trihandoyo didampingi Kanitreskrim Polsekta Bandung Wetan AKP Sunarya Ishak mengatakan, sebelum terjun dari Fly Over Pasupati, Ryo bersama Michael sepupunya, menaiki BMW nopol D 108 UV. Keterangan tersebut diperoleh polisi setelah memeriksa Michael, sepupunya, di Mapolsektabes Bandung Wetan.

"Korban sebelumnya menghubungi Michael melalui telepon katanya minta ditemani beli sepatu di PVJ (Paris Van Java). Setelah dari sana, Ryo meminta Michael mengemudikan kendaraannya," kata Sunarya.

Lebih jauh Sunarya mengatakan, saat itu Ryo mengajak Michael berjalan-jalan sebelum kembali ke rumahnya di Kelurahan Parongpong Kabupaten Bandung Barat.

"Setibanya di Pasupati tepat di atas Gang Bongkaran, Ryo meminta Michael memarkirkan mobil di pinggir jalan. Sesaat mobil berhenti, ia pun langsung membuka pintu dan loncat dari atas jembatan ke bawah," kata Sunarya.

Gambar Masih Dugaan ...
Ryo Tanuwijaya (22) tewas terjatuh dari Jalan Layang Pasteur-Surapati (Pasupati) setinggi sekitar 50 meter, Sabtu (26/3/2011) siang sekitar pukul 13.21 WIB.

Korban jatuh tepat di Gang Bongkaran RT 6 RW 15 Kelurahan Tamansari Kecamatan Bandung Wetan. Peristiwa itu kontan membuat warga sekitar kaget.

inilahjabar.com