Mencatat Aktivitas Keyboard Dengan Keylogger

Berhati-hatilah dalam menggunakan komputer yang digunakan secara umum misalnya warnet, lab. komputer, dsb.

Kali ini saya akan memberi tahu salah satu tools yang banyak digunakan untuk tujuan kejahatan, yaitu keylogger. Dari namanya kita sudah bisa mengenali fungsi dari tools ini adalah untuk mencatat aktivitas keyboard. Dengan kemampuan itulah, maka secanggih apapun sistem keamanan dari sebuah situs, dan setangguh apapun orang-orang yang ada dibelakang situs tersebut tidak akan mampu mendeteksi tool ini.@ Reza Muzay BLog

Keylogger terdiri dari 2 jenis, jenis software (perangkat lunak) dan hardware (perangkat keras). Jenis software terinstall di komputer target secara invisible (tersembunyi) sehingga orang yang menggunakan komputer tersebut tidak akan menyadari kehadiran program ini. Program tersebut akan merekam semua aktivitas keyboard, tombol apa saja yang tekan oleh si pengguna komputer. Sehingga jika aktivititas yang dilakukan adalah berselancar di internet, maka alamat situs yang dikunjungi (yang diketik),  isi surat yang sangat rahasia (yang diketik),  user name dan PASSWORD email, user dan password facebook, bahkan Nomor kartu kredit atau PIN yang digunakan untuk transaksi keuangan online.

Khusus untuk poin terakhir di atas (transaksi perbankan), pihak perbankan sudah mengantisipasi dengan penggunaan semacam Token Pin yang digunakan di Bank Mandiri. Tapi antisipasi ini hanya meminimalkan, karena pengetikan User ID dan Pin saat login ke situs tetap akan terekam oleh si Keylogger.

Jenis yang kedua adalah keylogger jenis hardware. Fungsi alat ini sama dengan jenis software, hanya saja tool ini berbentuk sebuah alat yang dipasang untuk menghubungkan keyboard dan CPU/laptop. Alat ini laksana flashdisk dengan memori/kapasitas tertentu akan menyimpan hasil rekaman semua penekanan keyboard secara otomatis.

keylogger hardware usb
keylogger hardware ps2
keylogger hardware Cpu
Sumber gambar: keelog.com

Keylogger sangat berbahaya jika disalahgunakan. TR tidak bertanggung jawab atas segala manfaat dan kerugian yang ditimbulkan oleh tulisan ini… hehehe. [serius begitu??] :-) .

Sama halnya penggunaan program SnadBoy’s Revelation yang bisa melihat password (terasteriks)  dari yahoo, facebook, gmail atau situs lain , mau digunakan untuk hal positif atau negatif tergantung dari kita pribadi.

Mudah-mudahan dengan informasi ini (bagi yang belum tau) bisa bermanfaat dan dapat lebih berhati-hati. 

sumber artikel :  http://bahtiar.net/2010/02/keylogger-perekam-aktifitas-keyboard/