Rusia Habiskan Rp 90Triliun , Untuk Tuan Rumah PD 2018

Keberhasilan mengalahkan Inggris pada proses pencalonan tuan rumah Piala Dunia 2018 tentu menjadi momentum yang membahagiakan bagi Rusia. Maklum, negara tersebut baru bereaksi setelah Inggris maju menjadi tuan rumah Piala Dunia 2018 pada awal 2009.

Mantan Presiden Rusia, Vladimir Putin, mengaku tertarik untuk mewujudkan negaranya menjadi tuan rumah Piala Dunia. Karenanya, dia meminta Menteri Olahraga, Vitaly Mutko, mengurus proses registrasi.

Dukungan pemerintah Rusia terbilang luar biasa guna mewujudkan mimpi itu. Berdasarkan laporan RIA Novosti , dana sekitar 10 miliar dollar AS atau lebih dari Rp90 triliun disiapkan.

Dana sebanyak itu salah satu kegunaannya adalah untuk merevitalisasi dan mendirikan stadion baru. Maklum, ada 14 kota yang diikutsertakan dalam proposal Rusia. Kota-kota itu terbagi di berbagai wilayah, mengingat kedaulatan Rusia yang begitu luas. Jumlah itu pun bakal menjadi Rusia sebagai negara dengan kota penyelenggara terbanyak Piala Dunia.

Pengumuman resmi tuan rumah Piala Dunia 2018 tentu menjadi langkah awal Rusia. Ada waktu 8 tahun bagi negara tersebut untuk membangun beberapa stadion Piala Dunia. (jalu)


Calon Tuan Rumah (kota dan nama stadion)

Kaliningrad - FIFA World Stadium
St. Petersburg - Gazprom Arena
Moskva - Luzhniki
Podolsk - Moscow Region Stadium
Moskva - Spartak
Moskva - Dynamo
Kazan - Rubin
Nizhny Novgorod - FIFA World Stadium
Yaroslavl - FIFA World Stadium
Samara - FIFA World Stadium
Volgograd - FIFA World Stadium
Saransk - FIFA World Stadium
Krasnodar - FIFA World Stadium
Rostov on Don - FIFA World Stadium
Sochi - Olimpiade Sochi
Yekaterinburg - FIFA World Stadium