5 Kebiasaan Buruk untuk Kecantikan Kulit

KULIT bersih dan mulus tentu menjadi impian siapa pun. Tapi, sejumlah kebiasan kecil dan sepele bisa merusak kulit cantik sempurna yang telah Anda rawat dengan bersusah payah.

Masalah kulit yang paling umum dijumpai adalah jerawat. Sering kali sulit bagi orang untuk menghindari stres, hormon, cuaca, dan banyak hal lain yang menjadi penyebabnya.

Selain berbagai faktor di atas, ada sejumlah hal lain yang dapat merusak kulit lebih cepat daripada yang Anda sadari. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

1. Menyentuh, Memencet, Menggaruk
Serpihan kulit kering atau benjolan di kulit wajah kadang terlalu mengganggu untuk diabaikan. Anda pun tidak tahan untuk tidak menyentuh, memencet, atau menggaruknya. Hal berikutnya yang Anda sadari, muncul benjolan yang lebih besar, bernanah, dan menyebar ke area lain di wajah.

2. Mengganti Produk Secara Tiba-Tiba
Mengganti sampo, kondisioner, atau losion dapat berisiko menyebabkan masalah jerawat sekunder karena kulit Anda meradang. Jika bisa, selalu uji produk-produk terbaru yang keluar dan lakukan transisi secara perlahan.

3. Memakai Poni
Poni yang jatuh ke dahi bisa menyebabkan jerawat, apalagi jika jenis rambut Anda jauh lebih berminyak dibandingkan wajah. Guna mengurangi efek buruknya, jangan menggunakan banyak produk rambut untuk poni Anda. Gunakan sikat bulat untuk menjauhkan poni sedapat mungkin dari dahi, atau jepit jika perlu.

4. Menumpangkan Tangan di Wajah
Tangan penuh dengan bakteri dan minyak. Biasakan untuk tidak bertopang dagu, pipi, atau dahi jika tidak ingin masalah jerawat mengganggu penampilan Anda.

5. Kurang Tidur
Kesibukan yang tiada habisnya kadang membuat Anda tidak memiliki cukup waktu untuk terlelap. Jika tidak terpaksa, usahakan untuk mendapatkan jatah tidur yang dibutuhkan tubuh setiap harinya. - m.mediaindonesia.com -