5 Tips "Menaklukkan" Mertua Secara Bijaksana

Sebuah rumah tangga yang dibangun oleh pasangan suami istri terkadang mendapat benturan ketika Anda mendapatkan mertua galak. Biasanya Image mertua galak karena Anda tidak mengenal baik mertua Anda dengan baik. Pernah mendengar kata Tak Kenal Maka Tak Sayang, itu merupakan ungkapan yang tepat apabila Anda tidak mengenal mertua Anda dengan baik. Carilah beberapa bocoran pada pasangan Anda tentang orangtua mereka.

Ada beberapa tips yang bisa Anda coba untuk menaklukkan mertua, apalagi kalau mertua galak, berikut beberapa tips yang dimaksud :

  1. Biasakan bangun pagi sebelum mertua Anda bangun ketika Anda menginap di rumah mertua atau mertua Anda yang menginap di rumah. Lakukan pekerjaan rumah yang bisa Anda lakukan dengan demikian mertua Anda akan menganggap Anda adalah menantu yang rajin bangun pagi dan rajin membantu pekerjaan rumah. Hal ini yang memberikan nilai lebih untuk diri Anda sendiri dan pastinya disayang mertua.
  2. Ringan Tangan. Apabila mertua mengalami kesulitan, bantulah mertua Anda sebelum mertua meminta bantuan pada Anda. Terkadang mertua galak karena beliau sungkan untuk meminta bantuan pada menantunya, tetapi sesungguhnya ia mengalami kesulitan. Ini adalah salah satu cara menaklukkan mertua dengan melakukan pekerjaan sebelum mertua meminta bantuan.
  3. Jangan pelit pada mertua. Apabila Anda (Suami atau istri) menerima gaji atau bonus, sesekali ajaklah makan bersama di luar rumah atau membelikan oleh-oleh ketika bepergian ke luar kota. Walaupun tidak mahal tetapi paling tidak memperlihatkan bahwa Anda perhatian terhadap beliau.
  4. Bersikaplah sewajarnya, tidak terlalu berlebihan terhadap orangtua, untuk disayang mertua yang terpenting adalah Anda berusaha untuk menyenangkan mertua dengan mengikuti perkataan yang tidak bertentangan dengan hati nurani Anda, namun apabila bertentangan maka sebaiknya Anda harus bersikap santun ketika menolak perkataan ataupun perintahnya. Jangan berbohong kepada mereka, katakan apa adanya dengan bahasa yang santun.
  5. Apabila Anda memiliki waktu luang, kunjungi mertua Anda bersama anak-anak Anda. Usianya yang semakin bertambah membuatnya semakin kesepian. Saat itulah ia membutuhkan anak dan cucunya untuk menghibur dan menghapus kerinduannya.