Gagasan Edan, Siswa-Siswi Mau Di Obat Kuat

Pemerintah negara bagian Victoria, Australia pada Senin menunda gagasan aneh tentang mengembangkan sebuah minuman yang diperuntukkan bagi siswa sekolah guna membantu meningkatkan konsentrasi mereka.

Pemerintah negara bagian Victoria telah mengiklankan rencana untuk mengembangkan sebuah minuman berenergi non-kafein bagi siswa berusia 12-19 tahun sebagai bagian dari program bantuan senilai 28 juta dolar Australia.

"Ada kebutuhan tentang minuman dengan rasa enak, menarik perhatian, serta berharga murah, yang dapat membuat siswa sekolah tidak mengantuk dan terjaga konsentrasinya sepanjang hari," tulis iklan tersebut.

Menteri Pendidikan Australia, Martin Dixon, mengatakan ide tersebut datang dari siswa dan selama Departemen Bisnis dan Inovasi mengiklankan hal itu untuk melihat respon pasar dalam pengembangan produk, ide gila itu tidak akan berkembang.

"Kami belum mengalokasikan dana Departemen Pendidikan untuk hal itu karena itu bukan wilayah tugas kami," katanya kepada radio ABC, Senin (18/4/2011).

Kepala Serikat Pendidikan Australia di negara bagian Victoria, Mary Bluett, mengatakan ia mengaku terkejut saat membaca tentang iklan itu. Ia menyangka iklan itu hanya merupakan lelucon semata.

"Saya tadinya menyangka itu lelucon, kemudian merasa aneh, dan kini merasa hal itu benar-benar sudah kelewat batas," katanya.

Juru bicara oposisi Rob Hulls mengatakan: "Pemerintah-lah yang mengantuk, mereka yang harus dibangunkan." - internasional.kompas.com -