Kenapa Tikus Makan Sabun ?? ... Inilah Jawabannya

Tikus, si hewan pengerat, rumah mencari apa saja yang bisa dimakan. Bila tidak menemukan makanan manusia tikus bisa cari benda lain yang tidak dimakan manusia. Seperti sabun.

Bahan dasar atau basic utk membuat sabun batangan adalah lemak, garam alkali atau basa serta air. Baru ditambahkan zat-zat lainnya. Lemak yang digunakan bisa berasal dari lemak hewan atau lemak tumbuhan (minyak kelapa, zaitun dll).

Oleh karena kandungan lemak itulah tikus menyukai sabun batangan. Selain itu tikus senang mengerat. Dengan memakan sabun ia dapat mengerat sekaligus mengasup lemak. Sebenarnya di rumah, yang di makan tikus hanya sedikit sekali. Mereka lebih membutukan bahan untuk dikerat dengan gigi. Intinya tikus lebih banyak merusak barang daripada memakan barang itu.

Tidak semua sabun batangan disukai tikus. Biasanya sabun mandi yang sering menjadi target. Sabun detergen konsentrasi tinggi tidak disukai tikus dan kadang tikus bisa terjebak, mati keracunan saat memakan sabun yang mengandung bahan dengan tingkat racun tinggi bagi badan tikus yang kecil mungkin seperti sabun antiseptik.