Kura-Kura 'Keramat' Ditemukan di Danau Vietnam

Hanoi - Seekor kura-kura raksasa ditemukan di sebuah danau di tengah kota Hanoi dalam keadaan terluka, Ahad (3/4) waktu setempat.

Binatang yang hidup di air tawar dengan berat badan 200 kilogram ini, menurut para ahli hewan, sanggup hidup dalam usia 80 hingga 100 tahun.

Warga Vietnam percaya, bahwa kura-kura yang ditemukan Ahad kemarin memiliki kekuatan magis. Mereka yakin, kura-kura ini pernah menyelamatkan Raja King Le Loi dari serangan Cina pada abad ke enam lalu.

Untuk mengangkat kura-kura dengan bobot dua kwintal itu diperlukan waktu dua jam dengan kekuatan 50 orang.

Spesies dari jenis Rafetus swinhoei ini merupakan salah satu kura-kura air tawar di dunia yang hampir punah. Kura-kura ini tinggal satu ekor di Vietnam, sedangkan dua lainnya berada di kebun binatang di Cina.

Dalam cerita rakyat, kura-kura ini digambarkan pernah memberikan sebilah pedang kepada Raja King Le Loi untuk mengalahkan pasukan Cina. Ketika Raja berlayar menuju Hanoi, kura-kura memanggul pedang di atas punggungnya sebelum menyelam ke dalam air. Kisah ini, selanjutnya, ditulis oleh Hoan Kiem Lake dalam sebuah cerita berjudul "Lake of the Returned Sword." - tempointeraktif.com -