Tips Kesehatan - Cara Alami Atasi Perut Kembung

Meski perut kembung bisa dihindari, namun ada kalanya kita ‘khilaf’ atau tidak sengaja mengkonsumsi makanan yang berpotensi mengakibatkan kembung. Apalagi jika gejala tersebut berulangkali terasa, bisa jadi ada penyakit lain yang ada di belakangnya. Selain dengan meminum obat maag yang banyak dijual bebas di apotik, sebagai alternatif Anda bisa meminum air hangat atau teh manis hangat. Selain itu, mengoleskan minyak gosok hangat ke perut juga akan banyak membantu mengurangi gejala perut kembung.

Nah, sebagai alternatif lain, berikut ini ada beberapa bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi perut kembung :

  1. Temulawak (Curcuma xanthorizza roxb). Berkhasiat sebagai antiradang, antibakteri, memperbaiki perncernaan, melancarkan produksi empedu sehingga melancarkan pencernaan makanan di lambung dan mengurangi gas di dalam perut. Dosis: 30 gr rimpang temulawak direbus kemudian diminum airnya.
  2. Kunyit (Curcuma domestica val). Berkhasiat sebagai antiradang, antibakteri, memperlancar pengeluaran empedu sehingga mengurangi perut kembung, mual, dan rasa begah di perut. Dosis: 10-25 gr rimpang kunyit direbus lalu diminum airnya.
  3. Kencur (Kaempferia galangal L). Berkhasiat sebagai antiradang, mengurangi perut kembung, mual, muntah, nyeri, dan dapat menghangatkan tubuh. Dosis: 10-25 gr rimpang kencur kemudian diminum airnya.
  4. Kapulaga (Amomum cardamomum). Berkhasiat sebagai antimual, muntah-muntah, perut sebah, dan kembung. Dosis: 3-5 buah direbus, airnya diminum.
  5. Daun lidah buaya (Aloe vera L). Berkhasiat sebagai antiradang, menguatkan lambung. Dosis: 10-15 gr kering atau 90-100 gr segar daun yang sudah dikupas kulitnya, direbus, lalu diminum.
  6. Sambiloto (Andrographis paniculata). Berkhasiat sebagai antiradang, menghilangkan sakit dan menghilangkan bengkak. Dosis: 9-15 gr sambiloto kering direbus dan diminum airnya.
  7. Kulit jeruk mandarin (citrus nobilis). Berkhasiat sebagai pencegah radang lambung, melancarkan pencernaan, kembung, mual, dan muntah. Dosis: 3-10 gr kering direbus dan diminum airnya.
  8. Sereh (andropogon citrates). Berkhasiat sebagai anti nyeri lambung, perut kembung, mual, dan muntah. Dosis: 5-15 gr direbus dan airnya diminum.
  9. Adas (Foeniculum Vulgare). Berkhasiat untuk mengurangi rasa nyeri / sakit di lambung, muntah karena lambung dingin, mual dan kembung. Dosis: 1-5 gr kering direbus lalu airnya diminum.

Semua bahan-bahan alami di atas sebaiknya direbus dengan menggunakan periuk yang berbahan tanah, stainless steel atau pyrex. Selamat mencoba!