Tips Kesehatan : "Payudara yang Sehat Bisa Memproduksi Antikanker Sendiri"

Menjaga kesehatan payudara bisa mendatangkan banyak manfaat. Selain menunjang fungsi utamanya sebagai penghasil air susu, payudara yang sehat juga memperkuat sistem pertahanan tubuh karena mampu memproduksi senyawa antikanker alami. Kenapa? Karena sel-sel payudara yang sehat diketahui mampu memproduksi Interleukin 25 (IL25), yakni sejenis protein yang mampu melawan sel kanker. Dalam tubuh manusia, protein ini berfungsi mengaktifkan sistem kekebalan tubuh ketika terjadi inflamasi atau radang.

Bukan hanya mengaktifkan sistem kekebalan tubuh, IL25 juga mampu memasuki sel-sel kanker dan memicu mekanisme ‘self destruction‘ yang membuat sel-sel kanker akan menghancurkan diri sendiri. Hebatnya lagi, IL25 pandai mengenali sel-sel kanker sehingga tidak merusak sel-sel normal.

Kemampuan sel-sel payudara dalam memproduksi IL25 terungkap dalam penelitian Dr Mina Bissel, seorang ahli kanker payudara dari Lawrence Berkeley National Laboratory. Penelitian tesebut dipublikasikan dalam jurnal Science Translational Medicine.

“Kami mengungkap bahwa sel payudara yang normal punya mekanisme tersendiri untuk melawan sel kanker. Mekanisme ini bisa jadi target baru untuk terapi kanker,” ungkap Dr Bissel seperti dikutip dariMedicalnewstoday, Jumat (15/4/2011).

Sel payudara yang menghasilkan IL25, Mammary Epithelial Cell (MEC) sebenarnya memproduksi 6 jenis senyawa antikanker. Namun dari keenam senyawa tersebut, IL25 teramati paling dominan dalam mekanisme perlawanan terhadap pertumbuhan sel kanker.

Saat ini WHO mencatat, kanker merupakan penyakit pembunuh terbanyak nomor 2 setelah kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah). Kanker paru-paru paling banyak memakan korban jiwa, sementara kanker payudara paling banyak diderita di kalangan perempuan.

Lalu bagaimana cara merawat payudara agar senantiasa sehat? Simak aja tips-tips di tips merawat payudara yang sudah pernah kami tulis sebelumnya. - sehatdong.com -