5 Tips Membeli Furniture Baru

Berniat membeli furniture baru? Ada beberapa hal yang sebaiknya Anda pertimbangkan sebelum, dan saat berbelanja furniture. Membeli furniture seharusnya menjadi kegiatan yang menyenangkan jika Anda telah menyiapkan segala sesuatunya dengan matang.

Lakukan riset terlebih dahulu di beberapa toko untuk mendapatkan barang terbaik. Sempatkan juga waktu untuk berkeliling ke seputar pusat perbelanjaan furniture untuk membandingkan harganya. Dengan begitu, Anda bisa memiliki barang dengan harga terbaik.

Berikut ini lima tips membeli furniture, seperti dikutip dari Helium :

1. Budget

Sangat penting merencanakan biaya untuk membeli furniture. Buatlah budget dan usahakan sebisa mungkin apa yang Anda beli tidak melebihinya. Jika pembelanjaan menggunakan kartu kredit, maka buat perincian biaya dan hitung periode berapa lama Anda bisa melunasi tagihan. Jangan sampai tagihan kartu kredit membengkak karena besar pasak daripada tiang. Jika ingin membayar tunai, sebaiknya simpan budget furniture Anda dalam tabungan deposit agar tidak terpakai untuk hal-hal kurang penting.

2. Ukuran

Anda harus menyesuaikan ukuran kursi, meja, lemari atau kabinet dengan luas ruangan yang akan ditempati. Perhatikan juga luas lorong dan ukuran pintu, apakah bisa dilalui furniture yang akan Anda beli. Hal ini untuk memudahkan penempatan dan pengangkutan jika Anda ingin menata ulang dekorasi ruangan.

3. Garansi

Tanyakan apakah barang disertai dengan garansi. Tanyakan juga kepada pemilik toko apa yang bisa dilakukan jika ditemukan cacat, atau kerusakan pada furniture. Beberapa toko mempunyai garansi dalam jangka waktu tertentu jika ada kerusakan yang bukan disebabkan pembeli. Akan lebih aman jika Anda membeli furniture yang bergaransi.

4. Layanan Antar

Tanyakan apakah toko tersebut menyediakan jasa antar barang. Jika ada, tanya juga apakah dikenakan biaya tambahan. Memakai jasa layanan antar bisa mengurangi risiko barang rusak atau tergores dibanding mengangkutnya sendiri.

5. Beli Hanya Jika Sangat Membutuhkan

Hal yang paling penting, pikirkan terlebih dulu apakah Anda memang benar-benar perlu membeli furniture baru. Saat melihat barang yang diinginkan, jangan langsung bersemangat membelinya. Diam sejenak dan pikirkan dengan matang apakah barang tersebut perlu segera dibeli atau tidak. Ada baiknya jika Anda mengajak anggota keluarga agar bisa didiskusikan terlebih dahulu.