Balita Minum Susu Pakai Botol Gampang Gemuk !!

Balita yang menginjak usia satu tahun hendaknya diajarkan minum susu tidak dari botol. Penggunaan botol disebut-sebut bisa merusak gigi anak. Selain itu jika terbiasa menggunakan botol hingga usia dua tahun anak cenderung obesitas.

Hal ini berdasarkan penelitian yang dilakukan Universitas Temple di Pennsylvania yang menemukan anak-anak yang minum dari botol ketika mereka dua tahun lebih cenderung menjadi gemuk pada usia 5 dibandingkan yang tidak menggunakan botol.

Para peneliti menganalisis data 6.750 anak-anak dari sebuah survei federal. Hasilnya ditemukan 22 persen anak-anak yang sudah lama menggunakan botol, masih menggunakan botol pada usia 2 sebagai wadah minuman utama mereka seperti susu.

Sekitar 23 persen dari pengguna botol mengalami obesitas pada usia 5 tahun, membuat mereka 33 persen lebih cenderung menjadi gemuk dibandingkan anak-anak yang tidak minum dari botol pada usia 2. Temuan ini dimuat dalam Journal of Pediatrics.

Penelitian ini juga memperhitungkan hal-hal lain yang mungkin mengakibatkan kegemukan, termasuk berat badan ibu, berat kelahiran anak, dan praktik pemberian makan pada masa bayi.

"Seorang bocah perempuan berusia 2 tahun dengan rata-rata minum 8 ons susu pada waktu tidur akan mendapatkan sekitar 12% dari kalori hariannya dari botol itu," kata Rachel Gooze, penulis utama studi tersebut.

"Ini adalah praktik yang tidak dianjurkan selama bertahun-tahun karena menyebabkan kerusakan gigi, dan ini adalah salah satu dari awal penelitian yang menunjukkan bahwa hal itu juga dapat menyebabkan obesitas," kata dokter anak Robert Whitaker, profesor kesehatan masyarakat dan pediatri di Temple dan peneliti.

"Studi ini sendiri tidak membuktikan penggunaan botol berkepanjangan menyebabkan kegemukan, tetapi tidak akan merugikan jika menghentikan minum dari botol saat menginjak usia umur setahun. Seorang anak bisa mendapatkan nutrisi yang cukup tanpa menggunakan botol," ujarnya.

American Academy of Pediatrics merekomendasikan botol diberikan sampai sekitar umur 1 dan hampir pasti dengan 18 bulan. "Memberi minum berkalori seperti susu mungkin tidak semudah saat memberi mereka makan," kata Jennifer Shu, seorang dokter anak di Atlanta dan editor HealthyChildren.org, sebuah website konsumen akademi pediatri.

"Itulah alasan masalah obesitas datang. Sangat mudah untuk minum berkalori, tetapi orang seringkali membutuhkan waktu yang lama untuk makan dalam jumlah makanan yang sama." (kesehatan.liputan6.com)