Dua Cara Alami Atasi Sakit Kepala

Sakit kepala termasuk salah satu gejala penyakit yang cukup mengganggu, terutama karena dapat muncul sewaktu-waktu tanpa kita duga sebelumnya. Posisinya sakitnya pun dapat berubah-ubah, kadang di bagian depan, kadang di bagian samping, atau di bagian belakang kepala — biasanya tergantung dari penyebabnya (stress, terlalu banyak pikiran, demam, dan sebagainya). Untuk mengatasinya, berikut ini ada dua cara praktis dan alami yang bisa Anda lakukan apabila Anda terserang migrain atau sakit kepala.

Cara Pertama

Istirahatlah di dalam ruangan yang tenang, gelap, dan dengan mata terpejam. Pijatlah pangkal tengkorak kepala Anda dengan ibu jari, mulai dari telinga terus ke pusat kepala bagian belakang. Jangan lupa pijat dahi pada kedua sisi dengan perlahan. Setelah itu, lanjutkan dengan mandi menggunakan air hangat untuk melancarkan peredaran darah Anda. Terakhir, letakkan sapu tangan atau handuk dingin pada mata Anda dan lakukan tehnik relaksasi dengan mengambil nafas dalam-dalam dan membayangkan suasana yang tenang, indah, dan damai.

Cara Kedua

Cara ini lebih praktis ketimbang cara pertama. Anda cukup menyiapkan bak berisi air hangat secukupnya lalu rendam kaki dan pergelangan kaki Anda ke dalamnya selama 10-20 menit. Jika memungkinkan, tambahkan beberapa tetes minyak seperti lavender, peppermint, atau lemon. Setelah selesai, basuh kaki Anda dengan air / handuk dingin. (sehatdong.com)