Pemimpin Al Qaeda Osama Bin Ladin Tewas

Buronan teroris nomor satu Osama Bin Ladin dikabarkan tewas. Pemerintah Amerika Serikat menemukan jasad pemimpin Al Qaida itu pada Minggu (1/5) malam waktu setempat.

Presiden Amerika Serikat Barack Obama akan mengumumkan sendiri tewasnya Osama ini. Osama disebut sebagai dalang dari serangan 9/11 di New York, Amerika Serikat.

Sejak peristiwa di tahun 2011, Osama menghilang. Dia diduga bersembunyi di pegunungan Afghanistan. Bila kabar Osama tewas, maka ini suatu prestasi bagi Presiden Obama.

Pada akhir Januari lalu, Osama sempat muncul. Lewat rekaman audio, pimpinan Al-Qaeda ini mengancam akan membunuh sandera asal Prancis bila Presiden Nicolas Sarkozy tidak menarik pasukannya dari negara-negara Muslim. Sejak itu, Osama belum pernah muncul lagi.

Osama Bin Ladin lahir di Arab Saudi pada 10 Maret 1957. Dia adalah pendiri organisasi Al-Qaeda, sebuah organisasi yang melakukan jihad dengan melancarkan teror.

Osama dituduh pemerintah Amerika Serikat terlibat dalam beberapa kejadian, seperti:
7 Agustus 1998, Osama dituduh bertanggung-jawab terhadap pengeboman kedutaan Amerika di Kenya dan Tanzania pada 1998 yang menelan korban 224 orang tewas, 12 di antaranya warga AS.

Lalu pada 13 Oktober 2000, Kapal perusak AS USS Cole, salah satu dari kapal-kapal perang paling modern di dunia, hampir tenggelam setelah satu kapal kecil yang membawa bom menambraknya di pelabuhan Aden, Yaman. Akibatnya, 17 awak kapal Amerika itu tewas. Osamapun jadi tersangka utamanya. (tempointeraktif.com)