Perang UFO, Betul atau Jadi-Jadian?

Peneliti UFO Ed Grimsley, pada 30 April, merekam beberapa benda terbang tak dikenal di angkasa dan bergerak cepat sebelum menghilang dari pandangan.

Dalam video yang ditampilkan, UFO tidak berbentuk seperti piring terbang. UFO tampak seperti titik cahaya di langit malam. Titik itu memang bergerak cepat dengan arah yang berubah-ubah sebelum menghilang.

Tetapi, Robert Sheaffer, penyelidik UFO dari Committee for Skeptical Inquiry, mengatakan titik itu bukan hal luar biasa. "Objek itu hanyalah artefak yang muncul akibat alat yang digunakan Grimsley untuk mencari UFO," katanya.

Grimsley menggunakan binokular dengan fitur penglihatan malam hari (night vision). "Fitur itu beresolusi rendah agar memiliki sensitivitas tinggi. Objek yang sangat terang berubah menjadi titik cahaya tak pedulu ukuran asli objek tersebut," Sheaffer menjelaskan.

Penyidik UFO itu kemudian menambahkan, objek yang direkam bisa jadi burung atau kelelawar, atau satelit. Sheaffer juga menuduh, "Mereka tidak mengerti cara kerja alat tersebut. Mereka juga tidak mengerti apa yang mereka lihat."

Hal lain yang meragukan adalah tidak ada orang lain-entah astronom, entah staf maskapai penerbangan-yang melaporkan hal serupa. Selain itu, entah kebetulan, entah tidak, Grimsley memperoleh uang dari penjualan binokular berfitur penglihatan malam hari yang disebut bisa dipakai untuk melihat perang UFO ala Star Wars itu.

Ia menjual berbagai model dengan harga antara 1.800 hingga 3.200 dollar AS. Grimsley juga menawarkan DVD UFO dengan harga 24,95 dollar AS. Uang yang diperolehnya digunakan untuk beberapa proyek, termasuk pengembangan mesin kendaraan yang dapat menempuh 160 kilommeter dengan segalon air. (sains.kompas.com)